Tanah Abang #pasarjkt

Tanah Abang, pasar yang populer karena saya belum pernah kesana tapi tahu karena sering denger dari orang dan berita di TV. Pasar Tanah Abang adanya di Jakarta di Ibu Kota Indonesia tapi kenapa Ibu Kota yah bukannya Bapa Kota? hehe, entar itu mah lain waktu cari tahunya. Sekarang si Tanah Abang…

foto-tanah-abang-tahun-1955

Mengutip buku 250 Tahun Pasar Tanah Abang yang diterbitkan PD Pasar Jaya pada 1982, Tanah Abang tidak terlepas dari sejarah Kota Jakarta. Memang sampai saat ini belum diketahui secara pasti asal nama Tanah Abang, karena belum ada sumber sejarah tertulis mengenai penemuan nama tersebut.

Nama Tanah Abang mulai disebut-sebut pada pertengahan abad ke-17, sehingga banyak orang memperkirakan nama itu berasal dari tentara Mataram yang menyerang VOC pada 1628. Tentara Mataram dibawah kepemimpinan Sultan Agung, seperti dituliskan dalam sejarah, tidak hanya melancarkan serangan dari arah lautan, namun juga mengepung kota dari arah selatan. Tentara Mataram menggunakan Tanah Abang sebagai pangkalan karena konturnya yang berbukit-bukit dengan genangan rawa-rawa di sekitarnya, yang mengalir ke Kali Krukut. Kawasan itu bertanah merah, atau abang dalam bahasa Jawa. Diperkirakan dari sana nama itu muncul.

Dalam versi lain Tanah Abang berasal dari kata NABANG. Nabang adalah sejenis Pohon Palm, karena dulu di daerah ini banyak pohon palm. Para ‘Kumpeni’ (Orang Belanda) menyebutnya ‘DE NABANG’. Orang Betawi menyebutnya Tenabang, jadilah sekarang Tanah Abang. Ada juga asal Tanah Abang dari kata ‘Tanahnya si abang’ (kakak).

sumber

http://www.blokbtanahabang.com

Tanah Abang Sekarang

0 Responses to “Tanah Abang #pasarjkt”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: