Smartphone Ubuntu Vs Android

smartphone ubuntuKOMPAS.com – Sistem operasi mobile berbasis Linux Ubuntu akhirnya resmi diperkenalkan oleh Canonical, pada Kamis (3/1/2013). Ini artinya, tak lama lagi bakal tersedia di pasaran smartphone dan perangkat tablet yang menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu.

Seperti dilansir situs resmi Ubuntu, perangkat berbasis Ubuntu untuk mobile baru akan hadir pada akhir tahun 2013 mendatang. Selain itu, belum diketahui vendor mana yang akan memproduksi perangkat komersil pertama dengan sistem operasi ini.

Hadir sebagai pesaing Android dan iOS, perangkat berbasis Ubuntu untuk perangkat mobile ini disebutkan akan hadir dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Ubuntu versi ini telah didesain agar tetap mampu bekerja di perangkat entry-level sekalipun.

Perangkat entry-level yang dimaksud di sini memiliki spesifikasi minimum prosesor Cortex A9 1GHz dan RAM 512MB. Selain mampu bekerja di perangkat entry-level, tentunya sistem operasi ini bisa bekerja dengan baik di perangkat high-end, dengan spesifikasi minimum prosesor Quad-core A9 dan RAM 1GB.

Sistem operasi ini sudah mendukung prosesor berbasis ARM dan x86. Dengan dukungan tersebut, perangkat ini bisa menggunakan prosesor PC, seperti Intel Atom.

Ubuntu untuk mobile ini hadir dengan kernel dan driver yang sama dengan sistem operasi buatan Google, Android. Hal ini bisa jadi sangat menguntungkan bagi pihak pengembang. Mereka tidak perlu lagi membangun atau menulis kode aplikasi dari awal.

Linux Ubuntu untuk ponsel ini hadir dengan dukungan terhadap bahasa program HTML5. Dengan adanya dukungan ini, para pengembang dapat membuat aplikasi yang bekerja untuk perangkat PC dan smartphone.

Canonical adalah perusahaan pengembang sistem operasi open-platform Linux Ubuntu. Perusahaan ini juga yang bertugas untuk mengembangkan Ubuntu untuk mobile.

1 Response to “Smartphone Ubuntu Vs Android”


  1. 1 google game 15/12/2014 pukul 18:02

    Hi, this weekend is good designed for me, since
    this time i am reading this fantastic informative paragraph here at my
    home.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: