Kopi Mengurangi Nyeri Saat Olahraga

KOMPAS.com – Minum kopi mungkin hal terakhir yang dipikirkan orang sebelum olahraga, tetapi minuman ini ternyata membantu mencegah rasa sakit yang ditimbulkan saat berolahraga.

Sebuah studi yang dimuat di jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise memaparkan eksperimen yang dilakukan untuk membuktikannya. Satu kelompok responden perempuan diberi kafein (dalam dua dosis yang berbeda) dan kelompok lain diberi minuman yang tak disebutkan jenisnya satu jam sebelum latihan bersepeda selama 30 menit. Nyeri otot yang terjadi di kaki pada kelompok yang mengonsumsi kafein ternyata berkurang 33-46 persen.

“Kafein memblok senyawa kimia pendorong rasa sakit, yang disebut adenosine, dan tidak tergantung dosisnya,” kata penulis studi ini, Robert Motl dari University of Illinois at Urbana-Champaign. Namun, dikatakan pula bahwa orang yang sudah minum kafein dalam jumlah tertentu setiap hari mungkin tidak akan mengalami efek penghilangan rasa sakit yang sama.

Meminum kopi sebelum melakukan latihan kekuatan bisa membuat Anda mampu mengangkat beban sedikit lebih mudah. Pembuktiannya dilakukan melalui metode penelitian yang lain. Dalam sebuah studi yang diterbitkan di The Journal of Strength and Conditioning Research, disebutkan bagaimana 37 orang mengonsumsi pil yang tak disebutkan jenisnya, atau suplemen kafein yang setara dengan dua cangkir kopi sebanyak 236 ml. Satu jam kemudian, setelah melakukan bench press, mereka yang mengonsumsi kafein mampu mengangkat beban 2,2 kg lebih berat daripada yang mengonsumsi pil.

“Kafein bisa membantu Anda mencapai aktivasi otot yang lebih baik, dan itu membantu Anda mengangkat lebih berat,” ujar Travis Beck, pemimpin studi yang berasal dari University of Nebraska di Lincoln.

Bila dilakukan secara rutin, latihan kekuatan yang lebih berat akan menghasilkan massa otot yang lebih banyak, dan menurunkan lemak tubuh secara total.

DIN

Editor: Dini

Sumber: RealAge

5 Responses to “Kopi Mengurangi Nyeri Saat Olahraga”


  1. 1 Wandi thok 16/01/2011 pukul 02:57

    Kalawo jarang olahrangka, tetapi sering minum kopi ada efek negatifnya apa mas?

  2. 2 niQue 16/01/2011 pukul 09:44

    baru tau niy.
    apakah info di atas berlaku bagi penderita penyakit maag?
    soalnya yang ku alami, dikasi minum kopi seteguk aja langsung jungkir balik nahan rasa sakit😀

  3. 3 Admin [KAFEIN4U] 18/01/2011 pukul 10:19

    klo menurut saya sih hrs seimbang aja yah alias teratur hehe.. asal janga keseringan aja minum kopi itu gk bagus😀

    wah klo ud ada tuh namanya penyakit mah hehe yah repot bagus jangan aja.. soalna saya aja klo ngopi dipagi hari terus belum sarapan yah perut terasa sakiiiiiiiiiiiiiiit🙂

  4. 4 Nandini 23/01/2011 pukul 06:01

    kalo mau ngopi, maem dulu.. soalnya kopi merangsang produksi asam lammbung..🙂

    saya ga pernah ngopi.. 😀


  1. 1 obat maag Lacak balik pada 28/05/2015 pukul 13:59

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: