Cinta ala Kapitalisme

Cinta ala Kapitalisme

Kapitalisme sebagai struktur social ekonomi masyarakat yang menghisap dan menindas juga dapat kita lihat dalam pola hubungan laki-laki dan perempuan. System Kapitalise telah dengan gencar mempropagandakan bentuk-bentuk hubungan yang ideal antara laki-laki dan perempuan.

Misalnya dengan mengilusi melalui agen kapitalisme (iklan, media) tentang bentuk fisik yang ideal. Kecantikan didefinisikan sebagai suatu sosok yang merupakan hasil dari produk kecantikan yang menguntungkan pemilik modal produk perawatan tubuh (shampoo, pemutih kulit ,dsb).setiap hari terjadi perlombaan kaum pemilik modal yang merayu kita untuk membeli ribuan produk dari ujung kepala sampai ujung kaki.   Seharusnya kita tidak menilai orang dari bentuk penampilan fisik naun juga dilihat kepribadiannya, hatinya , karakternya dan semua hal yang menyangkut esensi dan kualitas kemanusiaan.

Selain konsep kecantikan , kapitalisme juga menciptakan kegiatan-kegiatan bahwa laki-laki dan perempuan dituntut (seolah-olah wajib) jalan-jalan sambil belanja di mall atau plaza, nonton di 21 berduaan sebagai aktivitas rutin. Kapitalisme pun menciptakan mitos-mitos yang menyatakan bahwa symbol dari rassa cinta kita adalah bunga mawar, kartu ucapan, coklat, bahkan berlian dipromosikan sebagai simbol cinta demi kepentingan bisnis pemilik modal.

Mesin-mesin penghisap kaum pemilik modal juga menciptakan event bisnis seperti hari kasih sayang dan hari jadian yang dimanfaatkan untuk menciptakan inovasi, dan kreasi yang baru dari produk mereka dan menjualnya di pasar. Tidak ada dalam benak kita berapa besar uang yang dihisap oleh pemilik modal dari pekerjanya , melainkan memberikan sesuatu yang special dan tentunya ada harga yang harus dibayar.

Dari deskripsi tadi yang paling penting untuk diwasspadai dan disikapi oleh kita semua adalah mengisolir individu-individu dan mereduksi makna cinta karena hubungan cinta dipandang hanya dilakukan oleh seorang individu laki-laki dengan individu perempuan saja, paddahal rasa cinta terhadap sesama manusia yang tidak berdasarkan nafsu biologis, yaitu cinta terhadap kaum tertindas di seluruh dunia adalah tahapan tertinggi cinta. Cinta terhadap sesama merupakan wujud yang paling kongkret untuk menunjukan kepedulian kita terhadap kesejahteraan rakyat banyak.

Kapitalisme telah mebuat kita berpikir dan bertindak seolah-olah pasangan kita adalah property yang sama dengan barang yang tidak boleh dibagi kepada orang lain, sehingga menyebabkan hubungan yang hierarkis dan dominatif (dalam kerangka patriarki, perempuan disubordinasikan). Padahal setiap indivdu adalah pribadi yang bebas dan merdeka. Selain itu ada konsep memberi dan menerima (give and take) yang mereduksi hubungan social menjadi hubungan ekonomis dengan menghitung untung rugi dalan hubungan . sedangkan konsep sejatinya adalah memberikan segala sesuatu kepada sesame sesuai kebutuhan dan tanpa mengharapkan untuk menerima sesuatu sebagai balasnya, dalam bahasa kerennya love is an art of giving.

Cinta yang sejati seharusnya cinta yang mebebaskan dan dapat dinikmati semua orang. Cinta sejati dibuktikan lewat tindakan Bukan dengan ucapan rayuan gombal. Janganlah terpengaruh dan diperdaya oleh pemilik modal. Konstruksi cinta ala kapitalisme memang dominan dipercaya banyak orang tapi apakah  cinta yang menindas dan mengekang itu akan kita praktekkan ? jawabnya tentu saja , TIDAK! Selamat mencintai dengan tulus dan hancurkan mitos dan konstruksi cinta ala Kapitalisme yang menindas !!!

Tulisan ini saya temukan di HDD milik saya yang lama kebetulan dulu teman saya suka nyimpan data juga.. jadi ini bukan tulisan saya, meskipun saya suka baca ini dan saya masih merenungkannya daripada hilang mendingan saya arsip dblog🙂 maafkan saya tidak tahu sumber aslinya atau penulisnya karena saya juga tidak tahu :s

6 Responses to “Cinta ala Kapitalisme”


  1. 1 mind 08/05/2009 pukul 12:21

    Pertama nih..hadeh bang :d bagaimanapun kapitalisme msh lumayan drpd komunisme :p

  2. 3 b48eh 11/05/2009 pukul 20:26

    Ada-ada ajah si abang yang satu ini…😀
    Keep share..

  3. 5 steel tip darts 12/01/2011 pukul 12:09

    Thanks for sharing, I like this blog!


  1. 1 Tulisan Che Guevara « kafein4u Lacak balik pada 08/05/2009 pukul 21:11

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: